Asal Usul Istilah Minuman Ringan

Diposkan oleh Andi Nakam on Rabu, 20 Juni 2012

Pernahkah anda bertanya-tanya pada diri anda sendiri mengapa minuman berkarbonasi disebut dengan istilah "Minuman Ringan". Sebenarnya, minuman ringan atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut "soft drink" bukan hanya terdiri dari minuman berkarbonasi saja. Menurut wikipedia, minuman ringan adalah minuman yang tidak mengandung alkohol, dan merupakan lawan kata dari minuman keras. Jadi, semua minuman yang tidak mengandung alkohol bisa disebut sebagai minuman ringan.

Namun, istilah minuman ringan sekarang biasanya hanya digunakan secara eksklusif untuk minuman berkarbonasi. Penggunaan istilah minuman ringan untuk menyebut minuman berkarbonasi sebenarnya dipengaruhi karena kampanye iklan. Pembuat minuman berkarbonasi mengalami kesulitan ketika ingin menciptakan iklan untuk produk mereka. Hal ini disebabkan karena sebutan yang bervariasi dari tempat ke tempat untuk menyebut minuman berkarbonasi.

Misalnya, di sebagian tempat di Amerika Serikat dan Kanada, minuman berkarbonasi disebut sebagai "pop". Sementara di sebagian tempat yang lain minuman berkarbonasi disebut "soda", dan kadang pula disebut dengan "coke", dan ada berbagai nama lain juga yang umum digunakan. Di Inggris minuman ini disebut "minuman berdesis" (fizzy drinks) sementara di Irlandia kadang-kadang disebut "minuman mineral". Dan karena pembuat minuman berkarbonasi tidak dapat merujuk produk mereka dalam istilah yang dapat digunakan secara universal, karena istilah-istilah untuk minuman ini yang sangat bervariasi, maka dipakai istilah "minuman ringan" untuk menjadi sebuah istilah yang universal untuk menyebut minuman berkarbonasi.


{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar