Ini dia beberapa di antaranya:
2 kilogram
Dalam sekali balapan seorang pembalap rata-rata kehilangan berat sampai 2 kilogram. jumlah ini bisa lebih, kalau balapan berlangsung di sirkuit yang panas seperti Sepang, atau Bahrain.
15 fungsi
Pembalap F1 bisa memantau tak kurang dari 15 fungsi penting dari lampu-lampu serta LCD monitor di steering wheel mobil F1. Posisi gigi persneling, kecepatan, putaran mesin, campuran bahan bakar, jumlah bahan bakar dan lain-lain. Di setir juga ada tombol radio komunikasi, tombol pompa air minum serta pengatur komputer mesin dan diferensial. Di belakang setir ada pedal atau tuas buat memindahkan gigi persneling.
28 ton
Ini berat seluruh peralatan yang harus dibawa setiap tim F1 buat satu kali balapan. Terdiri atas spare-part, tools, peralatan pit-stop termasuk tiga sasis cadangan. Ada sekitar 10.000 spare-part serta 1.500 kertas dan kantong pembungkus dengan logo tim.
55 meter
Adalah jarak pengereman mobil-mobil F1 dari kecepatan 200 km/jam sampai berhenti sempurna. Ditempuh dalam 2 detik, menghasilkan G-force sampai 5,6 G. Itu artinya tubuh pembalap (terutama lehernya) harus menahan dorongan ke depan sampai 5,6 kali berat badannya sendiri. Buat perbandingan nih, mobil penumpang standar perlu jarak sampai sekitar 120 meter buat mengerem dari 200 km/jam sampai berhenti, dalam 4,1 detik.
100 radio komunikasi
Termasuk head-set untuk melakukan komunikasi antar anggota tim serta pembalapnya selama race week-end (hari Kamis sampai Minggu). Alat komunikasi lain yang dibawa antara lain 16 CPU dan sekitar 30 notebook.
950 derajat Celcius
Temperatur di dalam knalpot mobil F1 waktu balapan. Saat direm, temperatur piringan rem mobil F1 bisa mencapai lebih dari 1.000 derajat Celcius. Sementara suhu rata-rata dalam kokpit selamma balapan adalah 55 derajat Celcius.
1.124 Race Laps
Jumlah putaran (lap) yang harus ditempuh oleh pembalap F1 sepanjang musim. Belum termasuk tes pramusim, latihan, dan kualifikasi.
1.200 liter BBM
Selama race weekend tiap tim menghabiskan sekitar 1.200 liter bahan bakar. Ditambah 70 liter oli mesin dan 30 liter oli girboks. Sebuah mobil balap F1 berdaya 750 dk butuh 70 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 kilometer.
3.100 Gear Shift
Khusus di sirkuit Monako, seorang pembalap bisa melakukan 3.100 kali pindah gigi selama balapan. Di sirkuit lain, pembalap "hanya" melakukan sekitar 2.500 kali.
3.300 liter air
Jumlah air mineral dan minuman ringan yang dikonsumsi oleh sebuah tim balap selama race day. Selama balapan di sirkuit berudara panas seperti Sepang, pembalap akan kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) sampai 2,5 liter.
sumber: kaskus.us
2 kilogram
Dalam sekali balapan seorang pembalap rata-rata kehilangan berat sampai 2 kilogram. jumlah ini bisa lebih, kalau balapan berlangsung di sirkuit yang panas seperti Sepang, atau Bahrain.
15 fungsi
Pembalap F1 bisa memantau tak kurang dari 15 fungsi penting dari lampu-lampu serta LCD monitor di steering wheel mobil F1. Posisi gigi persneling, kecepatan, putaran mesin, campuran bahan bakar, jumlah bahan bakar dan lain-lain. Di setir juga ada tombol radio komunikasi, tombol pompa air minum serta pengatur komputer mesin dan diferensial. Di belakang setir ada pedal atau tuas buat memindahkan gigi persneling.
28 ton
Ini berat seluruh peralatan yang harus dibawa setiap tim F1 buat satu kali balapan. Terdiri atas spare-part, tools, peralatan pit-stop termasuk tiga sasis cadangan. Ada sekitar 10.000 spare-part serta 1.500 kertas dan kantong pembungkus dengan logo tim.
55 meter
Adalah jarak pengereman mobil-mobil F1 dari kecepatan 200 km/jam sampai berhenti sempurna. Ditempuh dalam 2 detik, menghasilkan G-force sampai 5,6 G. Itu artinya tubuh pembalap (terutama lehernya) harus menahan dorongan ke depan sampai 5,6 kali berat badannya sendiri. Buat perbandingan nih, mobil penumpang standar perlu jarak sampai sekitar 120 meter buat mengerem dari 200 km/jam sampai berhenti, dalam 4,1 detik.
100 radio komunikasi
Termasuk head-set untuk melakukan komunikasi antar anggota tim serta pembalapnya selama race week-end (hari Kamis sampai Minggu). Alat komunikasi lain yang dibawa antara lain 16 CPU dan sekitar 30 notebook.
950 derajat Celcius
Temperatur di dalam knalpot mobil F1 waktu balapan. Saat direm, temperatur piringan rem mobil F1 bisa mencapai lebih dari 1.000 derajat Celcius. Sementara suhu rata-rata dalam kokpit selamma balapan adalah 55 derajat Celcius.
1.124 Race Laps
Jumlah putaran (lap) yang harus ditempuh oleh pembalap F1 sepanjang musim. Belum termasuk tes pramusim, latihan, dan kualifikasi.
1.200 liter BBM
Selama race weekend tiap tim menghabiskan sekitar 1.200 liter bahan bakar. Ditambah 70 liter oli mesin dan 30 liter oli girboks. Sebuah mobil balap F1 berdaya 750 dk butuh 70 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 kilometer.
3.100 Gear Shift
Khusus di sirkuit Monako, seorang pembalap bisa melakukan 3.100 kali pindah gigi selama balapan. Di sirkuit lain, pembalap "hanya" melakukan sekitar 2.500 kali.
3.300 liter air
Jumlah air mineral dan minuman ringan yang dikonsumsi oleh sebuah tim balap selama race day. Selama balapan di sirkuit berudara panas seperti Sepang, pembalap akan kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) sampai 2,5 liter.
sumber: kaskus.us
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar