Cium Bau Badan Kalau Mau Tahu Umur Seseorang

Diposkan oleh Andi Nakam on Kamis, 31 Mei 2012

Ilmuwan selalu ingin tahu segala hal. Bahkan, urusan bau badan manusia pun jadi sasaran. Uniknya, menurut hasil riset yang dilakukan, terdapat kesimpulan baru, bahwa bau badan bisa menentukan usia seseorang.


Studi itu dilakukan untuk mengetahui tingkah pola orang tua dan rumah mereka yang memiliki bau khas, khususnya di berbagai kebudayaan. Orang Jepang bahkan memiliki nama tertentu untuk aroma mereka yang disebut kareishu.

Seorang neuroscientist Johan Lundstrom dan rekan-rekannya di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia menunjukan, orangtua memiliki bau khas yang berbeda dengan kaum muda dan setengah baya. Sebab menurut mereka, perubahan usia berkaitan dengan pelepasan bahan kimia melalui kelenjar dan bakteri pada kulit.

Mereka mengumpulkan sampel ketiak bau dari tiga kelompok usia. Masing-masing kelompok usia diwakili 12 hingga 16 orang. Tiga kelompok usia tersebut di antaranya 20-30 tahun, 45-55 tahun, dan 75-95 tahun. Semua sampel orang bukan perokok dan pengguna obat-obatan.

Orang-orang tersebut tidur dengan menggunakan kaos dengan bantalan penyerap yang dijahit di bagian ketiak. Mereka melakukannya selama lima malam beruntun. Hasilnya, orang yang usianya lebih muda dan setengah baya lebih kuat dan lebih menyenangkan dari yang tua. Sehingga sebelum melihat secara langsung pun, seseorang bisa ditebak kisaran usianya dari bau badan yang ia miliki.

Para peneliti menunjukan, orang yang menemukan bau tak menyenangkan pada orangtua karena beberapa dari mereka tinggal di tempat yang kurang menarik. Contohnya rumah jompo yang tidak bersih atau ruangan yang pengap. 

Jadi kesimpulannya adalah: aroma tubuh anak muda disebut lebih kuat dan 'menyenangkan' ketimbang orang yang lebih tua.

Wah, harus berusaha punya bau badan yang enak, nih supaya tetap dibilang masih muda. Kalau perlu, pakai saja bedak bayi... :-)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar